VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERKARAKTER, BERPRESTASI, DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN

Jumat

CBT 2018

CBT Penilaian Akhir Tahun (PAT) SMP Negeri 2 Banyuwangi

    Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan dalam bentuk penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun dan ujian sekolah:
  1. Penilaian Akhir Semester, Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetisi peserta didik di akhir semester. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebu. Hasil penilaian akhir semester selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik, dan hasilnya dapat pula diperuntukkan program remedial, pengayaan dan pengisisan rapor..
  2. Penilaian Akhir Tahun,  kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap saja, atau dapat merepresentasi­kan KD dalam kurun waktu satu tahun pelajaran (mencakup KD pada semester 1 dan semester 2). Hasil penilaian akhir tahun selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan untuk program remedial, pengayaan, dan pengisian rapor.
  3. Ujian Sekolah,  kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapai­an kompetensi peserta didik sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan penyelesaian dari satuan pendidikan. Mata pelajaran yang diujikan adalah se­mua mata pelajaran yang diajarkan pada satuan pendidikan tersebut. Untuk beberapa mata pelajaran, ujian sekolah diselenggarakan dalam bentuk ujian tulis dan ujian praktik, namun beberapa mata pelajaran lain dilaksanakan de­ngan ujian tulis atau ujian praktik saja. Pengaturan tentang hal ini dan pelak­sanaan secara keseluruhan diatur dalam POS Ujian Sekolah yang disusun oleh satuan pendidikan. Hasil analisis ujian sekolah dipergunakan pendidik dan satuan pendidikan un­tuk perbaikan proses pembelajaran secara keseluruhan pada tahun pelajaran berikutnya. Hasil ujian sekolah dilaporkan satuan pendidikan kepada orang­ tua peserta didik dalam bentuk surat keterangan hasil ujian (SKHU). Hasil ujian sekolah digunakan sebagai salah satu pertimbangan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.
    Berbeda dengan tahun 2017, di tahun pelajaran 2017/2018 ini SMP Negeri 2 Banyuwangi melakukan kegiatan Penilaian Akhir Tahun berbasiskan komputer test atau sering disebut dengan Computer Base Test (CBT). Dalam kegiatan ini diikuti oleh 547 siswa yang terbagi dalam dua jenjang kelas yaitu kelas 7 sebanyak 263 siswa, dan kelas 8 sebanyak 284 siswa.
    Kegiatan penilaian akhir tahun berbasis komputer ini mempergunakan 108 unit komputer, 96 unit diantaranya dipergunakan kegiatan CBT sedangkan 12 unit sisanya dipergunakan untuk cadangan. Jika di tahun tahun yang lalu CBT hanya diperuntukkan kelas unggulan saja maka khusus untuk tahun 2018 ini sekolah memberlakukan untuk semua kelas 7 dan 8. Mengingat padatnya jadwal, untuk panitia membagi atas 3 sesi untuk kelas 7 dan 3 sesi berikutnya untuk kelas 8. Salah satu keunggulan dari pemanfaatan CBT ini adalah cepat didapatinya hasil dari pekerjaan siswa, bila dibandingkan sewaktu mempergunakan scanner, maka pemanfaatan CBT lebih cepat dan menghemat biaya.
   Waktu pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun kali ini membutuhkan waktu selama delapan kali penilaian diawali tanggal 11 Mei 2018 hingga 16 2018, karena ada libur awal puasa siswa mulai lagi pada tanggal 19 Mei sampai 23 Nei 2018. Matap pelajaran yang diujikan terdiri dari mata pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Agama, Bahasa Jawa.
Simulasi UNBK SMP Negeri 2 Banyuwangi
Periksa Server CBT SMP Negeri 2 Banyuwangi
Ruang CBT 1 SMP Negeri 2 Banyuwangi
Ruang CBT 2 SMP Negeri 2 Banyuwangi
Ruang CBT 3 SMP Negeri 2 Banyuwangi
Kunjungan Bupati Banyuwangi saat UN 2016

Tidak ada komentar: