VISI MISI SMP NEGERI 2 BANYUWANGI BERKARAKTER, BERPRESTASI, DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN

Jumat

JUARA BES 2017

SMP Negeri 2 Banyuwangi Meraih Puncak
Dalam Banyuwangi Eco School

Talih Asih BES 2017
    Usaha keras meraih prestasi dalam kegiatan lingkungan hidup, ternyata dapat diraih. Kegiatan yang dikemas dalam Jambore Banyuwangi Eco School yang diselenggarakan tanggal 20 November 2017 ini membawa hasil menggembirakan bagi SMP Negeri 2 Banyuwangi, dimana dalam kegiatan Jambore BES 2017 sekolah mendapatkan penghargaan meraih Juara I Jambore Banyuwangi Eco School yang bertemakan Sumpah Bersama Menjadikan Sekolahku Hijau dan Bersih.
    Penganugerahan penghargaan Juara I Jambore BES 2017 ini bertepatan pada hari Jumat, 8 Desember 2017 dan kegiatannya sendiri diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuwangi. Bagi SMP Negeri 2 Banyuwangi yang merupakan sekolah Adiwiyata Kabupaten Tahun 2014, BES merupakan agenda kegiatan yang memiliki makna tersendiri karena di dalamnya terdapat unsur-unsur pendidikan tentang lingkungan hidup.
    Menjadi Juara I merupakan salah satu prestasi yang luar biasa karena apa yang telah diperjuangkan untuk menjaga sekolah tetap bersih dan hijau mengalami kemajuan dan ada hasilnya. Dengan predikat juara yang telah digenggam merupakan satu tantangan tersendiri bagi sekolah, apakah tahun depan SMP Negeri 2 Banyuwangi mampu mempertahankan gelar ataukah tidak.
    Jika dilihat dari potensi luas lahan, sekolah yang memiliki luas sekitar satu hektar ini memiliki banyak lahan kosong, hingga saat ini perbaikan fasilitas serta pembuatan ruang terbuka hijau (RTH) selalu diusahakan dengan berbagai cara, salah satunya adalah lomba kelas kretif. Lomba kelas kreatif ini memberikan kebebasan kelas untuk berekspresi dengan mempergunakan atau memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijadikan sebuah taman atau pun hiasan dalam kelas.
    Selain itu keberadaan taman di depan mushola menjadi tempat representatif untuk dijadikan lokasi selfie atau di depan kelas 7A, 8A, 9A dan juga di sepanjang kelas 7B, 8G, 8H, 9F, 9G, dan 9H juga merupakan salah satu alternatif lokasi ruang terbuka hijau (RTH) yang cukup baik sebagai tempat belajar. Hadirnya RTH di depan kelas merupakan salah satu ide kreatif yang dihasilkan oleh siswa dalam rangka turut membantu tim Banyuwangi Eco School.
    Kesiswaan sebagai pembimbing dalam Banyuwangi Eco School (BES) yang terdiri dari tiga tim yaitu tim Organik, tim An Organik dan tim Jurnalistik memiliki harapan untuk dapat memanfaatkan smpah sekolah yang terdiri dari daun-daunan menjadi sebuah kompos yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai media penyubur tanaman. Sehingga dalam program selanjutnya, diprogramkan untuk dapat mengelolah sampah organik menjadi pupuk dan juga memanfaatkan lebih maksimal lagi untuk sampah An Organik dengan lebih mengedukasi siswa dalam lomba-lomba pemanfaatan barang bekas serta lebih memaksimalkan lagi kemanfaatan bank sampah. Sesuai dengan temanya , "Sumpah Bersama Menjadikan Sekolahku Hijau dan Bersih" semoga tahun depan tim Banyuwangi Eco School (BES) mampu berbicara lebih baik dan berprestasi yang luar biasa.

Dinas Lingkungan Hidup Kab. Banyuwangi
Tim BES SMP Negeri 2 Banyuwangi presentasi dengan tema Darurat Perang Sampah
SMP Negeri 2 Banyuwangi: Tim Yel Yel mempersembahkan lagu tentang lingkungan hijau dan bersih
Ruang Pamer BES SMP Negeri 2 Banyuwangi: Sederhana Tapi Padat

Tidak ada komentar: